Wisata Indonesia - Semarang, oke sahabat TravShort kali ini kita akan membahas materi kebudayaan kota Semarang, postingan ini sebenarnya lanjutan / keterangan dari postingan sebelumnya yaitu postingan mengenai "Mengenal Obyek Wisata Semarang II"

Memang niatnya ingin memperpendek postingan, tujuannya agar tidak lelah untuk sahabat TravShort membaca, he..he..he...
okey, langsung saja ke materi kebudayaan dan Kesenian Asli atau bahasa kerennya "Culture and Original Art".
  • Dugderan
Dugderan adalah sebuah upacara yang menandakan bahwa bulan puasa / ramadhan telah datang, mengingat penduduk kota Semarang kebanyakan memeluk Agama Islam. Oh ya, sebetulnya dugderan zaman dulu digunakan oleh pemerintahan kota semarang untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat semarang akan datangnya bulan ramadhan.

Dugderan ini dilaksanakan tepat 1 hari sebelum puasa datang, Sebenarnya istilah kata "Dugder" diambil dari perpaduan bunyi dugdug dan bunyi meriam yang di asumsikan dengan bunyi "Der" .

Bukan hanya itu, dugderan juga terdapat beberapa rangkaian kegiatan yang meliputi Pasar Rakyat yang dimulai sepekan sebelum dugderan, Karnaval yang di ikuti pasukan merah putih, drumband, pasukan pakaian adat "Bhineka Tunggal Ika", Meriam, Warak Ngendok dan berbagai seni kesenian Semarang.

Ciri khas dari kesenian ini terdapat Warak Ngendok, yakni sejenis binatang rekaan yang bertubuh kambing berkepala naga dan memiliki sisik emas, acara ini biasanya dimulai jam 8 pagi sampai menjelang magrib. vestival yang sama juga diselenggarakan tari warak dan Jipin Blantenan.

Dugderan Semarang
  • Sesaji Rewanda
Sesaji Rewanda merupakan sejenis ritual yang dilaksanakan setiap tanggal 3 syawal oleh warga kampung Talun Kacang Kelurahan Kandri kecamatan Gunung Pati.  Acara yang diawali dengan karnaval dari halaman masjid Al-Mabrur menuju Goa Kreo, 

Arak-arakan ini terdiri dari Mangolodyo, Pembawa Umbul2 4 Warna yakni merah, putih, kuning, hitam, Pembawa bunga Mawar, Pembawa Kayu Jati, Para Santri, Pembawa Tumpeng Sesaji, Bunga Manggar, Pager Ayu, Pager Bagus dan Penari Gado-gado Semarangan.

Upacara ini bertujuan untuk memanjatkan doa kepada Tuhan yang maha esa untuk masyarakat setempat baik yang sudah meninggal maupun yang masih hidup agar diberkahi keselamatan, panjang umur dan rezeki yang halal.

Upacara Rewanda Goa Kreo Semarang

Upacara Rewanda Goa Kreo Semarang

  • Penganten Semarangan
bersambung...............