endess bandeng presto oleh-oleh khas semarang

Jalan-jalan disemarang tidak sempurna jika tidak merasakan wisata kuliner di Kota Atlas ini, banyak sekali aneka jajanan khas di Kota Semarang. Misalnya wedang tahu, lunpia, wingko babat dan masih banyak yang lainnya. Tapi, jika anda bertanya oleh-oleh yang cocok buat keluarga dirumah dan khas semarang ya bandeng presto.

Cara mendapatkannya sih mudah, diberbagai sudut Kota Semarang banyak dijumpai toko oleh-oleh bandeng presto. Dari segi harga bervariasi, mulai dari yang mahal hingga yang murah juga ada. Namun jika anda pengin beli bandeng presto yang sedikit lebih mahal ada di jalan pandanaran.

Eits... Jangan puas dulu, ada juga bandeng presto homemade yang diproduksi UMKM rumahan yang enak tur murah. Namanya endess bandeng presto, selain murah endess juga sudah mengantongi izin edar dari dinas kesehatan Kota Semarang atau biasa disebut izin PIRT.

Dari segi packing sudah cocok digunakan untuk oleh-oleh, rasanya juga nendang. Bandengnya kayak sudah ada bumbunya, manis dan gurih. Konon kata yang punya endess bandeng presto, mereka menggunakan bandeng dengan ukuran 1 Kg isi 4 ekor, bandengnya tidak besar dan tidak juga kecil. Mereka memilih itu ternyata ada alasannya, jika bandeng terlalu besar dagingnya cenderung kasap atau rasanya hambar. Namun jika sedang cenderung rasanya manis, kalau kecil ya tidak cocok digunakan buat oleh-oleh terntunya.

Mari kita lihat beberapa gambar yang sempat kita mintakan sama yang punya produk.




Dari segi rasa dan tampilan sudah tidak diragukan lagi, packingnya pun juga ada yang vacuum agar lebih awet jika dikirim keluar kota. terlebih yang paling mak nyuss adalah sambernya. Sambel bawaan bandeng presto endess memang seperti namanya "endess puol" mantep pokoknya.

Namun sayangnya, produk endess bandeng presto belum bisa dijumpai ditoko-toko oleh-oleh semarang. karena masih produk industri rumahan dan tentunya sangat terbatas ketersediaan stok. Biasanya mereka yang pengen makan endess bandeng presto pesan dulu sehari sebelumnya.

Selain itu, anda juga bisa memesan langsung melalui instagramnya di @endessbandengpresto atau di olshop via shopee maupun tokopedia, nanti linknya aku sertakan dibawah. selain produk presto ada juga produk pepes, banyak pilihan rasa seperti pepes bumbu rempah, pepes daun singkong dan pepes daun kemangi.

Dari ketiga pepes, aku paling suka pepes daun kemangi. Pedes dan gurihnya pas, cocok dimakan bersama nasi anget-anget.


  Cara pemesanan cukup mudah, yakni:
Selamat berburu bandeng presto homemade semarang